Info Seputar Probiotik Terbaik Khusus untuk Komunitas Kelas Probiotik

Pemberian Asupan Bakteri yang Menguntungkan Membantu Atasi Bayi Susah BAB

Mengatasi bayi susah BAB dengan probiotik terbaik
Bagaimanapun juga, pemberian Air Susu Ibu secara rutin dan dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk mengatasi bayi susah BAB. Sembelit pada bayi atau juga sering disebut bayi susah BAB jarang dijumpai pada bayi yang rutin diberikan ASI. Mengapa?, karena ASI lebih mudah dicerna dan sudah tak asing bahwa ASI kaya akan koloni bakteri yang menguntungkan, bakteri probiotik terbaik. Bakteri yang menguntungkan ini memang berfungsi melancarkan sistem pencernaan dan memelihara fungsi sistem imuntas tubuh.

Banyak studi menyebutkan bahwa ASI secara alami mengandung berbagai koloni bakteri yang menguntungkan, disebut juga probiotik. Diantaranya sebuah studi menyebutkan, bahwa strain Lactobacillus Reuteri secara alami ditemukan dalam ASI di berbagai negara di seluruh dunia, penelitian dilakukan oleh Sinkiewics dan kawan-kawan pada tahun 2008. Sedangkan Guimonde dan kawan-kawan tahun 2007 juga menemukan, banyaknya jenis strain bakteri probiotik bifidobacteria, seperti Bifidobacterium longum dan Bifidobacterium lactis, juga terdapat dalam ASI. Oleh karena itu bayi yang rutin mendapat ASI cenderung memiliki mikroflora usus yang dominan bakteri probiotik bifidobacteria dan lactobacilli, tentu saja bayi susah BAB jarang ditemui.

Selain itu, probiotik terbaik dapat mengurangi gas dan meningkatkan pola gerakan usus. Setiap probiotik memiliki fungsi dan peran masing - masing. Namun bagi saluran pencernaan, secara umum probiotik memberi perlindungan dan menjaga kenyamanan pada saluran cerna terhadap efek negatif bakteri yang merugikan (bakteri patogen) baik dari makanan maupun dari lingkungan sekitarnya. Dengan memberi asupan probiotik terbaik seperti probiotik Amaddu di usia dini dan memelihara keberadaan koloni bakteri yang menguntungkan di dalam tubuh adalah langkah penting dalam memelihara kesehatan tubuh bayi secara umum, sebab sistem pencernaan berkaitan erat dengan sistem kekebalan tubuh.

Efek Negatif Bayi Susah BAB

Frekuensi buang air besar setiap bayi itu berbeda. Yang penting bukan frekuensinya, tapi bentuk fesesnya. Bayi susah BAB atau yang mengalami sembelit akan tegang dan kesulitan saat mengeluarkan feses yang keras dan kecil - kecil. Rasa nyeri yang dirasakan bayi karena sisa tinja di ususnya dan sakit mengeluarkan tinja menyebabkan tanpa sadar ia takut dan berusaha dan berhenti buang air besar sehingga berimbas pada nafsu makan bayi menjadi turun, dengan demikian berat badan bayi sulit naik. Disitulah efek negatif bila tak segera mengatasi bayi susah BAB (sembelit pada bayi).

Selain memberikan asupan minuman kesehatan probiotik terbaik dengan kandungan bakteri yang menguntungkan, seperti probiotik Amaddu, probiotik Talami dan sebagainya, Bunda juga perlu melakukan beberapa hal untuk membantu bayi susah BAB atau sembelit pada bayi:
  1. Berilah bayi minum air putih matang (tidak panas) yang banyak.
  2. Pastikan Ibu cukup memberikan Air Susu Ibu.
  3. Pijatlah perut bayi dengan lembut searah jarum jam. Boleh gunakan sedikit minyak bayi untuk membantu memijat.
  4. Gerakkan kedua kaki bayi dengan gerakan seperti mengayuh sepeda.
  5. Saat waktu mandi tiba, mandikanlah bayi dengan air hangat.
Demikian penjelasan singkat mengatasi bayi susah BAB dengan asupan probiotik, bakteri yang menguntungkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pemberian Asupan Bakteri yang Menguntungkan Membantu Atasi Bayi Susah BAB

0 comments:

Post a Comment