Info Seputar Probiotik Terbaik Khusus untuk Komunitas Kelas Probiotik

Tips Alami Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Cara Menyembuhkan Luka Operasi dengan Cepat
Cepat lambat pemulihan pasca operasi caesar antara individu satu dengan yang lain berbeda beda, sebab kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh yang dimiliki berbeda - beda pula. Banyak faktor yang mempengaruhinya, antara lain tingkat keparahan luka pasca operasi, tingkat kekebalan tubuh, kadar sel darah putih tinggi, kadar albumin rendah dan lain sebagainya.
Bila tidak terjadi komplikasi akibat infeksi bakteri yang merugikan, pemulihan pasca operasi caesar membutuhkan waktu sekitar tiga bulan (12 minggu). Namun bila terjadi infeksi pada luka maka akan berlangsung lebih lama. Silahkan baca Gejala Infeksi Luka Bekas Operasi Caesar.

Pasca operasi caesar, Bunda dianjurkan untuk lebih banyak beristirahat dan hindari dulu melakukan beberapa pekerjaan berat agar luka terhindar dari sentuhan atau gerakan - gerakan yang mengakibatkan beberapa hal fatal seperti renggangnya jahitan, kontaminasi bakteri patogen yang menyebar lewat udara dan lain sebagainya.
Berikut adalah beberapa tips alami pemulihan pasca operasi caesar yang dapat membantu Bunda untuk bisa sembuh lebih cepat setelah melakukan proses melahirkan caesar.
  1. Perbanyak istirahat. Usahakan untuk selalu mendapatkan waktu tidur yang cukup. Tidurlah saat bayi Anda tidur. Sebab disaat bayi bangun, Bunda terus siaga mengurusnya. Jangan biarkan tubuh kurang istirahat. Tidur yang cukup bermanfaat bagi tubuh untuk mendukung pertumbuhan jaringan dalam membantu proses penyembuhan luka bekas operasi caesar.
  2. Merawat luka bekas operasi dengan baik dan benar. Salah satu cara menyembuhkan luka dengan cepat adalah dengan perawatan, membersihkan luka, semprotkan probiotik Bifinol dan mengganti perban secara teratur, juga menghindarkan luka dari terlalu sering terkena air.
  3. Hindari pakaian ketat. Pakaian ketat hanya akan menutup luka sehingga luka lebih sulit untuk kering dan sembuh karena kekurangan oksigen. Sebaiknya gunakan pakaian yang longgar.
  4. Hindari melakukan aktivitas berat terlebih dahulu. Aktivitas berat dapat membuat luka bekas operasi caesar Bunda menjadi lebih buruk. Demi pemulihan pasca operasi caesar lebih cepat, sebaiknya hindari aktivitas berat sampai Bunda benar - benar sembuh.
  5. Jaga kondisi perut dengan baik. Seperti di saat batuk, tertawa, atau bersin, peganglah perut Bunda tepatnya di daerah bekas luka operasi dengan sedikit memberi tekanan. Hal ini untuk menjaga agar perut tidak terguncang berlebihan. Berdirilah dengan tegak saat Bunda berjalan.
  6. Kelolalah emosi dengan baik. Studi menyatakan bahwa sebagian wanita dengan proses melahirkan caesar mengalami perasaan kuat akan kemarahan, kegagalan, dan kerugian. Usahakanlah untuk mengelola emosimu dengan baik, misalnya dengan mendiskusikan emosi yang dirasakan dengan pasangan, teman, dokter, atau psikolog.
  7. Olahraga ringan. Kuatkan fisikmu dan semangatlah untuk berolahraga ringan seperti menggerakkan kaki dan berjalan-jalan santai untuk memperbaiki kelancaran sirkulasi atau peredaran darah.
  8. Perbanyak minum. Taruhlah air minum ditempat yang Bunda mudah menjangkaunya. Sebab tubuh membutuhkan banyak cairan saat proses penyembuhan dan menyusui. Perbaiki kualitas air minum dengan larutan probiotik terbaik, seperti probiotik Talami, madu probiotik dan lainnya sehingga dapat terhindar dari sembelit, susah buang air kecil dan air besar.
  9. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya serat. Buah - buahan, sayuran serta larutan probiotik dapat mempercepat pemulihan pasca operasi caesar dengan membantu pembentukan jaringan baru pada luka.
  10. Memilih makanan dengan nutrisi cukup. Nutrisi yang terpenuhi dengan baik dapat mendorong pertumbuhan jaringan yang sehat, sehingga luka bekas sayatan sesar Anda dapat sembuh dengan cepat. Konsumsilah makanan yang mengandung zat anti - inflamasi seperti sayuran berdaun gelap, biji - bijian, ikan salmon, kacang - kacangan dan lainnya. Hindari konsumsi gula dan lemak jenuh berlebihan karena dapat memicu peradangan.
  11. Kenalilah gejala dan tanda - tanda infeksi. Hal ini penting agar bila Bunda merasa tidak enak badan berhari - hari setelah operasi, kenalilah bahwa itu tanda bahaya dari tubuh. Baca selengkapnya tanda - tanda infeksi pada luka pasca operasi caesar.
  12. Bila Bunda lebih suka dengan terapi penyembuhan alami, maka perbanyaklah konsumsi produk probiotik terbaik untuk mencegah potensi terjadinya infeksi yang lebih parah pada luka.
Itulah beberapa tips alami pemulihan pasca operasi caesar yang dapat membantu Bunda untuk mempercepat pemulihan luka pasca operasi caesar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Alami Pemulihan Pasca Operasi Caesar

0 comments:

Post a Comment