Info Seputar Probiotik Terbaik Khusus untuk Komunitas Kelas Probiotik

Hidung Tersumbat Sebelah? Waspadai Konka Hidung Membesar

Pembengkakan Konka Hidung
Hidung tersumbat sebelah pasti sangat menggangu. Mulai dari kegiatan sehari - hari hingga tidur pun menjadi tak jenak karena sulitnya bernapas. Banyak penyebab hidung tersumbat sebelah, diataranya adalah karena konka hidung membesar. Pertanyaannya, kenapa konka hidung membesar?, apa penyebab konka hidung membesar? simak uraian singkat berikut.

Konka hidung merupakan organ bagian dari hidung yang berfungsi membantu proses penyesuaian suhu dan penyaringan udara dalam hidung dapat berjalan dengan optimal. Konka hidung membesar dalam istilah medis disebut Hipertrofi Konka Nasalis. Efek konka hidung membesar adalah hidung tersumbat sebelah atau keduanya. Pembesaran konka hidung biasanya tidak menimbulkan nyeri kepala, tetapi pembesaran konka dapat menimbulkan komplikasi penyakit pada hidung lainnya. Komplikasi penyakit pada hidung lain yang paling sering muncul akibat atau efek konka hidung membesar adalah penyakit sinus. Saluran drainase sinus ke rongga hidung tersumbat akibat konka hidung membesar. Komplikasi penyakit sinus akibat pembesaran konka hidung inilah penyebab sering sakit kepala. Waspadailah bila sakit kepala terus menerus terjadi pada Anda.

Penyebab Konka Hidung Membesar

Konka hidung membesar biasanya terjadi karena adanya peradangan yang menyertai pada rongga hidung. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya peradangan hingga menyebabkan konka hidung membesar, namun beberapa yang paling sering terjadi diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Rhinitis alergi (alergi hidung). Rhinitis alergi adalah penyakit alergi yang bermanifestasi pada saluran napas atas. Anda sering mengalami gejala bersin - bersin, hidung gatal, rasa tidak nyaman atau iritasi ringan di area sekitar hidung, hidung berair/meler dan hidung tersumbat sebelah atau keduanya? Bila gejala - gejala tersebut muncul, maka kemungkinan konka hidung membesar adalah karena rhinitis alergi.
  2. Rhinitis non alergi. Peradangan yang terjadi di bagian dalam hidung, namun bukan disebabkan oleh alergi. Gejala yang berkaitan dengan rhinitis non alergi termasuk bersin kronis atau hidung tersumbat, meler tanpa reaksi alergi yang teridentifikasi.
  3. Infeksi di dalam rongga hidung yang terjadi saat hidung mengalami flu atau pilek. Infeksi bakteri yang merugikan dapat menyebabkan inflamasi kronis hingga konka hidung membesar.
  4. Penggunaan obat - obatan tertentu secara berkepanjangan seperti obat dekongestan.
  5. Polip hidung, adanya benjolan atau daging tumbuh di rongga hidung.
  6. Adanya tumor di dalam rongga hidung juga bisa menyebabkan konka hidung membesar.
  7. Benda asing atau alergen seperti debu, serbuk sari bunga, asap dan sebagainya memicu saraf-saraf hidung mengeluarkan zat tertentu yang mengakibatkan penumpukan cairan di lapisan mukosa hidung.
Itulah beberapa penyebab konka hidung membesar, silahkan konsultasikan ke dokter untuk memastikan penyebab lain dari pembesaran konka hidung Anda.

Baca juga lebih lengkap soal:
Perhatikanlah bila gejala hidung tersumbat sebelah atau keduanya tak kunjung hilang lebih dari 10 hari maka waspadailah konka hidung membesar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hidung Tersumbat Sebelah? Waspadai Konka Hidung Membesar

0 comments:

Post a Comment