Info Seputar Probiotik Terbaik Khusus untuk Komunitas Kelas Probiotik

Bakteri yang Merugikan Penyebab Sinusitis Belum Banyak Orang Tahu

Apa itu sinusitis?, sinusitis adalah peradangan (inflamasi) pada dinding sinus seseorang. Adanya penyumbatan lubang kecil yang menghubungkan saluran hidung ke sinus, kemudian cairan menumpuk di sinus, menyebabkan tumbuh kuman dan akhirnya terjadi peradangan. Penyebab sinusitis yang banyak dipandang sebelah mata adalah peran infeksi sinus oleh bakteri yang merugikan sehingga makin parah. Gejala yang terlihat seperti demam, flu atau kepala sering sakit.

Di dalam tubuh hidup banyak jenis bakteri yang menguntungkan dan merugikan, begitu pula di luar tubuh. Bakteri hidup membentuk koloni - koloni dengan menjaga keseimbangan ekosistem mereka dengan sumber apa yang ada di sekitar lingkungan mereka. Kehidupan mereka di dalam tubuh manusia, sangat tergantung dari apa yang masuk, apa yang dimakan atau diminum manusia. Bila yang masuk adalah makanan/minuman tak sehat (tak sesuai dengan yang dibutuhkan ekosistem) maka koloni yang berkembang adalah koloni bakteri yang merugikan. Begitu pula sebaliknya. Selain itu perubahan karakter dari semula jenis bakteri yang menguntungkan berubah menjadi bakteri yang merugikan dapat dengan mudah terjadi, karena kepentingan mereka untuk mempertahankan hidup.

Dengan berkembangnya koloni - koloni bakteri yang merugikan maka sistem kekebalan tubuh bisa dipastikan dalam kondisi melemah. Dengan begitu infeksi atau peradangan yang dipicu bakteri tersebut dapat menjadi penyebab sinusitis semakin parah.

Bakteri Penyebab Sinusitis

Berikut ini beberapa informasi tentang jensi bakteri - bakteri yang merugikan dalam tubuh kita yang berpotensi sebagai penyebab sinusitis, antara lain sebagai berikut.

Streptococcus Pneumoniae

Jenis bakteri ini awalnya adalah jenis bakteri yang menguntungkan dalam tubuh manusia. Bakteri ini terdapat di saluran pernapasan bagian atas manusia. Jika rongga sinus mengalami infeksi maka bakteri ini tidak hanya jadi penyebab sinusitis bertambah parah, namun jenis bakteri ini dapat menyebabkan juga seseorang terkena pneumonia, meningitis, bronchitis, dan penyakit lainnya.

Streptococcus Pyogenes

Bakteri jenis ini biasa terdapat pada bagian faring (bagian tubuh yang terletak di antara rongga mulut dan pembuluh tenggorokan), kulit, juga rektum (tempat paling ujung di sistem pencernaan yang menampung sisa makanan sebelum dibuang sebagai feses). Tidak jauh berbeda dengan bakteri-bakteri sebelumnya, streptococcus pyogenes juga berada dalam tubuh manusia dan pada mulanya tidak berbahaya. Namun banyak faktor yang dapat membawa bakteri ini masuk ke dalam tubuh, misalnya lewat bersin, batuk, kontak dengan luka yang terinfeksi, sehingga bakteri ini berubah menjadi ganas saat sel inang sedang melemah. Bakteri penyebab sinusitis yang masuk ke dalam tubuh melalui bersin atau luka yang terinfeksi hingga menyebabkan peradangan pada sinus, serta dapat mempengaruhi beberapa bagian tubuh, seperti paru - paru dan tenggorokan.

Haemophilus Influenzae

Haemophilus influenzae merupakan bakteri yang memang terdapat di dalam tubuh manusia yakni di saluran hidung dan tenggorokan. Juga termasuk kategori bakteri yang berkarakter baik pada awalnya. Namun karena ekosistem yang mereka tempati rusak bakteri ini terus bergerak demi mempertahankan ekosistem yang bagi tubuh dianggap sebagai infeksi penyebab sinusitis. Bakteri jenis ini juga dapat menyebabkan seorang anak mengalami meningitis, dan menyebabkan infeksi pada orang dewasa, faringitis hingga penyakit paru paru kronis.

Staphylococcus Aureus

Bakteri yang satu ini biasa terdapat di kulit dan rongga hidung, juga tidak berbahaya pada awalnya. Namun, karena ekosistem mempengaruhi perkembangbiakkan bakteri, maka terjadi perubahan karakter pada staphylococcus aureus sehingga dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk penyebab sinusitis. Bakteri ini dapat menjadi musuh jika tubuh (hidung) anda mengalami luka, benturan, dan sebagainya yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh sehingga memunculkan infeksi penyebab sinusitis. Bakteri ini dapat menyerang siapapun juga termasuk bayi yang baru lahir, karena hidup di dalam tubuh manusia.

Moraxella catarrhalis

Moraxella catarrhalis merupakan bakteri yang biasa terdapat dalam saluran pernapasan bagian atas dan bawah manusia. Bakteri jenis ini awalnya tidak berbahaya, tetapi saat bercampur dengan virus di dalamnya maka bakteri ini dapat menyebabkan seseorang terserang sinusitis akut. Itu sebabnya perokok berat, orang lanjut usia, atau orang yang sedang terserang batuk rentan terkena sinusitis akut, sebab bakteri moraxella catarrhalis ini sudah tercemar dengan virus yang berhubungan dengan saluran pernapasan.

Corynebacterium Tuberculostearicum

Bakteri corynebacterium tuberculostearicum merupakan salah satu bakteri yang dicurigai menjadi penyebab sinusitis. Padahal corynebacterium tuberculostearicum pernah dipercaya merupakan bakteri yang tidak membahayakan dan sering ditemukan dalam kulit wajah. Meningkatnya jumlah koloni - koloni bakteri corynebacterium tuberculostearicum dapat menyebabkan peradangan dalam sinus yang mengakibatkan sinusitis.

Bakteri Anaerob Actinomyces

Actinomyces merupakan jenis bakteri anaerob penyebab sinusitis yang dulunya dikategorikan sebagai fungi (jamur). Actinomyces menyebabkan infeksi gigi serta bau mulut. Infeksi pada gigi lalu menyebar dan tiba di area sinus maksilaris sehingga menyebabkan peradangan.

Bakteri Anaerob Porphyromonas Gingivalis

Jenis bakteri anaerob bermacam - macam, juga banyak ditemukan dalam saluran pencernaan manusia. Namun bisa juga ditemukan di dalam rongga mulut seperti jenis porphyromonas gingivalis. Bakteri porphyromonas gingivalis awalnya juga tidak membahayakan. Akan tetapi, jika seseorang mengalami masalah kesehatan gigi atau mulut seperti karies (gigi berlubang) atau infeksi, maka porphyromonas gingivalis akan berkembang biak dan merusak jaringan gigi. Jaringan yang sudah rusak tersebut kemudian menyebar ke area sinus maksilaris, maka bakteri jenis ini sering disebut sebagai penyebab sinusitis maksilaris.

Baca juga: Penyakit Sinusitis dan Pengobatannya.

Itulah pembahasan mengenai beberapa bakteri yang merugikan penyebab sinusitis yang mungkin belum banyak orang tahu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bakteri yang Merugikan Penyebab Sinusitis Belum Banyak Orang Tahu

0 comments:

Post a Comment