Info Seputar Probiotik Terbaik Khusus untuk Komunitas Kelas Probiotik

Bagaimana Mengoptimalkan Penyerapan Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh dengan Probiotik yang Bagus?

Bagaimana Mengoptimalkan Penyerapan Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh dengan Probiotik yang Bagus? - Salah satu manfaat probiotik yang belum banyak dipahami orang adalah kemampuannya dalam membantu mengoptimalkan fungsi pencernaan dan penyerapan dari nutrisi maupun zat - zat yang dianggap bermanfaat atau kompatible bagi tubuh manusia, seperti membantu mengoptimalkan penyerapan zat - zat penting dari obat atau vitamin untuk daya tahan tubuh yang diminum.

Pernahkah Bunda mempelajari apakah aneka obat maupun vitamin untuk daya tahan tubuh yang dikonsumsi adalah manjur?, tentunya tidak ada seorangpun tahu seperti apa reaksi yang terjadi ketika obat maupun vitamin untuk daya tahan tubuh yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan si pemberi resep sekalipun.
Reaksi kimia dalam mengoptimalkan penyerapan zat - zat penting obat maupun vitamin yang sering disebut - sebut obat manjur adalah hanya tergantung hasil reaksi kimia di dalam tubuh, bukan dari luar tubuh. Antara tubuh manusia satu dengan yang lain berbeda - beda. kondisi tubuh setiap hari juga berubah - ubah, sehingga mengkonsumsi obat atau vitamin untuk daya tahan tubuh yang sama bisa saja tidak bereaksi apa - apa pada satu orang, tapi malah bereaksi pada orang yang lainnya.

Bahkan ada kalanya suatu ketika kita mengkonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh dengan aman, di hari yang lain menjadi tidak cocok. Itulah tubuh kita yang sudah memiliki mekanisme sendiri, sebuah reaksi kimia yang akan terjadi dipengaruhi oleh kondisi atau kualitas tubuh, sedangkan kualitas tubuh dipengaruhi antara lain oleh ekosistem di dalam tubuh seperti keseimbangan mikroorganisme dan enzim yang dihasilkan.

Pentingnya Keseimbangan Mikroorganisme

Keseimbangan mikroorganisme adalah keseimbangan makhluk hidup terkecil yang berkembang biak secara berkoloni di dalam tubuh manusia, yaitu bakteri bermanfaat (probiotik) dan bakteri merugikan (patogen). Aneka strain dari bakteri - bakteri tersebutlah yang mengaktivasi benda - benda mati seperti zat - zat, senyawa atau nutrisi penting dari makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh untuk diolah guna menghasilkan enzim - enzim tubuh yang berperan dalam metabolisme secara keseluruhan. Vitamin untuk daya tahan tubuh maupun aneka obat dan herbal sebagai benda mati yang diminum tidak serta merta berpindah tempat tanpa sebuah proses yang melibatkan benda hidup, dalam hal ini mikroorganisme yang berkepentingan sebab mereka hanyalah sebuah benda mati yang tak bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain bila tak ada yang membantu memindahkan. Seperti ibarat nasi sepiring, bila tak diantarkan ke mulut, maka mulutpun tak dapat mengunyahnya.

Tubuh yang mengalami ketidakseimbangan mikroorganisme (bakteri patogen lebih banyak dari bakteri probiotik) setidaknya akan mengakibatkan sistem metabolisme dan fungsi sistem pencernaan kurang optimal. Ekosistem dalam tubuh dan sistem metabolisme tubuh saling berdampingan dan saling memberi manfaat membentuk sebuah siklus. Oleh karena itu bila salah satu terganggu, maka bagian yang lain pun terganggu. Hal ini mudah diamati pada orang yang menderita sakit kronis atau sakit yang susah sembuh. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, obat atau vitamin untuk daya tahan tubuh yang diminum tapi tak dapat diolah tubuh secara optimal maka menumpuk dan akan berubah menjadi racun.
Untuk merangsang kembalinya keseimbangan mikroorganisme tersebut antara lain adalah dengan memberikan asupan nutrisi sari buah probiotik yang bagus dari luar tubuh, serta perbanyak konsumsi buah dan sayur alami.

Mekanisme Terbentuknya Keseimbangan Siklus Bakteri dalam Ekosistem

Ketika sakit kronis (keseimbangan ekosistem terganggu), aneka strain probiotik yang bagus dari luar tubuh tersebut akan masuk membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh termasuk pencernaan dan penyerapan zat - zat penting yang berasal dari makanan/minuman. Dengan kemampuan replikasi strain probiotik tersebut (replikasi per jam), maka berangsur - angsur koloni probiotik kembali tumbuh dan berkembang membentuk komunitas - komunitas dalam ekosistem dengan peran dan fungsi masing - masing. Dengan jumlah koloni strain yang melebihi bakteri patogen, maka bakteri probiotik dengan mudah menguasai kembali wilayah - wilayah yang seharusnya menjadi milik mereka. Kemana larinya bakteri patogen, yang sebelumnya lebih banyak?, bakteri - bakteri patogen tersebut digiring kembali pada wilayah - wilayah mereka sebelumnya, habitat untuk tumbuh dan berkembang tanpa mengganggu bakteri probiotik.

Bakteri probiotik juga mengatur keseimbangan dengan cara memproduksi energi, bahan pangan dan kebutuhan lain yang dibutuhkan agar semua aktivitas berkehidupan mereka berjalan seimbang.
Enzim - enzim tubuh adalah salah satu produk akhir dari aktivitas bakteri, sehingga bila sumber bahan bakar, bahan makanan yang mereka butuhkan adalah memenuhi syarat makanan sehat maka produksi enzim pun akan optimal. Begitu pula sebaliknya, bila yang dikonsumsi tubuh adalah bahan makanan tidak sehat, tercemar radikal bebas atau bahan polutan lain maka akan berdampak negatif pada keseimbangan siklus bakteri, misalnya produksi enzim tidak optimal, daya tahan tubuh menurun, koloni patogen kehabisan energi untuk hidup, koloni probiotik melemah dan lainnya. Penyerapan nutrisi, senyawa penting dari obat maupun vitamin untuk daya tahan tubuh yang tidak optimal adalah salah satu akibat dari melemahnya kemampuan koloni probiotik yang ada. Akibatnya bila dikonsumsi terus menerus maka benda - benda mati justru akan menjadi sampah dan makin meracuni tubuh, penyakit pun susah sembuh.

Itulah ulasan artikel probiotik, Bagaimana Mengoptimalkan Penyerapan Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh dengan Probiotik yang Bagus?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bagaimana Mengoptimalkan Penyerapan Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh dengan Probiotik yang Bagus?

0 comments:

Post a Comment