Aneka Nutrisi Probiotik yang Bagus Khusus untuk Komunitas Kelas Probiotik

Mengapa Penyakit Susah Sembuh? Bisa Jadi Siklus Bakteri Terganggu

Penyakit Susah Sembuh
Mengapa Penyakit Susah Sembuh? Bisa Jadi Siklus Bakteri Terganggu - Jangan menyerah dan putus asa bila penyakit susah sembuh, teruslah berdo’a dan berusaha dengan cara yang benar. Cobalah sesekali mengubah cara berpikir untuk menemukan solusi yang tepat bagi penyakit yang susah sembuh itu.
Bila penyakit susah sembuh, apakah Anda sudah coba periksa sistem pencernaan?, apakah Anda sudah perika hasil pemeriksaan penyakit dan obat yang diminum?, sekarang coba periksalah juga keseimbangan mikroba di dalam tubuh Anda, bisa jadi siklus bakteri terganggu sebagai penyebab penyakit susah sembuh.
Jangan salah ya, di dalam tubuh kita terdapat trilyunan bakteri yang memberi manfaat bagi tubuh kita. Adalah tidak benar bila mengatakan dengan mudah bahwa semua bakteri itu jahat dan harus dibunuh. Baik, jahat adalah karakter. Apakah Tuhan menciptakan makhluk berkarakter jahat di awal penciptaannya?, kecuali iblis dan sebangsanya. Tentu tidak bukan? Bakteri yang ada di dalam tubuh manusia pun makhluk hidup, sama seperti makhluk hidup lain yang hidup di dunia. Mereka memiliki peran dan fungsi masing - masing secara simbiosis mutualisme dengan inangnya (tubuh manusia).

Mikroorganisme

Dalam tubuh manusia, telah terdeteksi sekitar 100 trilyun mikroorganisme atau bakteri yang tersebar pada tiap inci kulit, mulut, hidung, telinga dan organ tubuh lainnya. Mikro organisme tersebut hidup secara berkoloni atau berkelompok - kelompok untuk menjalankan tugas, peran dan fungsi masing - masing yang sudah ditetapkan Tuhan sebagai penciptanya dalam sebuah siklus keseimbangan bakteri. Dari mana energi yang diperoleh untuk koloni - koloni mikroorganisme tersebut beraktivitas?, Sumber energi diperoleh dari apa yang masuk ke dalam tubuh inang (tubuh manusia) seperti makanan, minuman, obat - obatan dan sebagainya. Bahan - bahan tersebut diolah oleh semua koloni mikroorganisme guna menghasilkan energi yang digunakan untuk bertahan hidup dan beraktivitas. Hasil, keluaran (output) dari aktivitas tubuh mikroorganisme tersebut adalah enzim. Untuk memudahkan pemahaman, output/hasil akhir aktivitas tubuh manusia seperti urin, keringat,feses dan lainnya. Kira - kira analoginya seperti itu. Setiap koloni menghasilkan jenis enzim yang berbeda - beda, baik itu enzim metabolisme maupun enzim pencernaan yang dimanfaatkan oleh tubuh manusia. Banyak sekali fungsi enzim bagi tubuh manusia, salah satunya bisa dibaca kembali di:
Baca juga: Mengapa Penyakit Susah Sembuh? Perhatikan Hasil Pemeriksaan dan Obat yang Diminum.

Siklus Bakteri Terganggu

Siklus mikroba atau dikenal dengan istilah keseimbangan ekosistem mikroba adalah merupakan keseimbangan kelompok atau koloni mikroorganisme gram positif, koloni mikroorganisme gram negatif dan netral. Mereka hidup bersama, saling berdampingan, saling melengkapi dan menjalan kan fungsi bakteri di dalam tubuh sesuai peran masing - masing seperti membantu memperbaiki kelainan atau menyembuhkan penyakit di dalam tubuh inangnya. Secara umum yang lebih dikenal adalah mikroorganisme atau bakteri gram positif yang disebut bakteri probiotik (bakteri menguntungkan) dan mikroorganisme atau bakteri gram negatif yang disebut bakteri patogen (bakteri merugikan).
Bagaimana bisa siklus bakteri terganggu?, siklus bakteri terganggu manakala terjadi jumlah koloni bakteri patogen lebih besar dari jumlah koloni bakteri probiotik. Salah satu penyebab siklus bakteri terganggu adalah cerobohnya manusia sendiri, yaitu kurang selektif atas apa yang masuk ke dalam tubuhnya, apa yang dianggap enak bagi tubuh, ternyata belum tentu bagi koloni mikroorganisme yang ada di dalam tubuh, misalnya bahan pangan tercemar pestisida sebelum dimasak, minuman keras, gemar makanan cepat saji dan sebagainya. Akibatnya beberapa koloni mikroorganisme mulai kekurangan sumber energi untuk bertahan hidup, termasuk beraktivitas. Masih ingat istilah hukum alam, siapa yang kuat dia yang menang?, Itulah cara koloni - koloni tersebut mempertahankan kehidupan mereka. Dengan saling memperebutkan wilayah - wilayah yang masih kaya sumber energi. Dengan demikian terganggulah keseimbangan ekosistem pada siklus bakteri. Bakteri yang berubah karakter menjadi “seolah jahat” inilah yang dipahami sebagian orang sebagai bakteri jahat, padahal sebenarnya karakter mereka berubah karena mereka juga butuh bahan makanan untuk dapat tetap bertahan hidup.
Efek terjadinya perubahan karakter pada koloni mikroorganisme tersebut bagi tubuh inang (tubuh manusia) dirasakan sebagai terganggunya fungsi organ tubuh, gangguan kesehatan, melemahnya sistem imun, produksi enzim terganggu dan sejenisnya. Apalagi jika penyakit susah sembuh atau penyakit makin kronis, pastilah siklus bakteri terganggu lebih dari lebih dari lima puluh persen bakteri patogen menguasai wilayah - wilayah yang sebelumnya merupakan wilayah penguasaan bakteri probiotik.

Solusi Bila Siklus Mikroba Terganggu

Bila siklus mikroba terganggu, obat semahal apapun yang dikonsumsi akan sangat sedikit yang memberi manfaat bagi tubuh inang, sebab obat yang sudah dianggap sebagai benda asing sejak awal tidak dapat diurai secara maksimal oleh bakteri probiotik sehingga akan menumpuk menjadi sampah saja. Tentu akan makin memperparah kesehatan tubuh.
Untuk mengembalikan ekosistem siklus bakteri, salah satu cara adalah dengan menambahkan makanan atau minuman dengan kandungan probiotik terbaik dari luar tubuh. Ibarat kata, probiotik terbaik dari luar tubuh tersebut adalah sebagai pasukan tambahan yang dikirimkan untuk membantu kembalinya kekuatan koloni mikroorganisme probiotik yang melemah di dalam tubuh sehingga dapat menyerang balik mikroorganisme patogen agar keluar dari wilayah - wilayah yang tidak seharusnya mereka kuasai. Dengan kata lain, mengembalikan apa yang dibutuhkan koloni bakteri gram negatif untuk tetap berada dalam lingkaran siklus mikroba normal.

Sudah makin jelas ya, mengapa penyakit susah sembuh?

Demikian uraian singkat dari sisi mikrobiologi untuk menjawab pertanyaan mengapa penyakit susah sembuh? bisa jadi siklus bakteri terganggu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengapa Penyakit Susah Sembuh? Bisa Jadi Siklus Bakteri Terganggu

0 comments:

Post a Comment